TIPS MERUBAH ATTITUDE UNTUK SUKSES KERJA

Attitude punya porsi besar dalam penilaian departemen sumber daya manusia (SDM) ketika menyeleksi karyawan. Meski kemampuan teknis penting, namun tanpa sikap yang baik perusahaan akan berpikir ulang untuk menerima calon karyawan.

“Kalau di Holcim, yang kami lihat attitude, karena lebih penting dibandingkan technical skill yang semua orang bisa,” ujar Rully Safari, HR Director PT Holcim Indonesia, Tbk, saat talkshow di Kompas Karier Fair (KKF) 2011, bertempat di Balai Kartini, Jakarta, Jumat (29/4/2011) lalu.

Attitude yang dilihat SDM berdasarkan pengalaman Rully terbagi dalam tiga hal. Yang pertama adalah dinamis. Apakah Anda seorang yang dinamis, dan memancarkan semangat? Menurut Rully, hal ini bisa ditangkap dari sinar matanya. “Dari mata terlihat semangatnya untuk bekerja,” ujar Rully.

Faktor selanjutnya adalah persiapan. Jika Anda melamar pekerjaan, sebaiknya Anda mengumpulkan informasi tentang perusahaan tersebut sebanyak mungkin. Mengapa Anda ingin melamar di perusahaan ini, dan apa target Anda. Terakhir, perusahaan biasanya menanyakan besar gaji yang diinginkan.

TIPS MEMPERBAIKI ATTITUDE / SIKAP DIRI

1. NIAT, Setiap pencapaian diri untuk tujuan tercapai harus diawali oleh sebuah NIAT. Bahkan seorang pencuri sekalipun kalau dia hendak melakukan perbuatanya (-tercela) dia membulatkan NIAT, sebab kalau tidak resikonya adalah mati. Jadi kalau anda ingin SUKSES tentu membulatkan NIAT adalah awal yang harus kita lakukan.

2. KESUNGGUHAN MERUBAH DIRI, dengan hanya niat saja bisa pupus di tengah jalan manakala banyak godaan atau bisikan negatif, hal tersebut bisa mamupuskan NIAT menjadi berbelok arah atau mungkin menjadi penundaan.

3. CIPTAKAN MIMPI, dengan MIMPI hidup menjadi lebih hidup, berjalanlah diatas mimpi dan biarkan kaki berada diawan dan berjalanlah di jalurnya. Apapun yang orang katakan misal : Gila kamu…, Mana mungkin.., Mimpi Loe…, hanya ada pada anda belum membuktikan, namun manakala terbukti mereka akan berbalik mengatakan : Hebat ya.., Wahh aku pingin kaya kamu,… Eh Gimana Caranya..?

4. HORMATI ORANG LEBIH LAMA, ketahuilah kalau anda itu belum apa apa, anda membutuhkan orang LAMA, Lama dalam Pengalaman, Lama dalam Sukses, bahkan Lama dalam Usia anda. Karena orang yang menghormati akan di hormati, begitu juga sebaliknya. dengan di hormatinya kita apaun yang kita minta lebih banyak diijinkan.

5. BELAJAR DARI KEGAGALAN, Alloh SWT menciptakan Hasil dalam dua keadaan GAGAL atau BERHASIL. setiap keadaan pasti ada HIKMAH, kalau anda berhasil anda pasti akan mengulang proses keberhasilan anda bahkan mungkin berinovasi untuk lebih baik hasilnya. Namum mana kala anda GAGAL tentu anda tidak akan bunuh diri kan ? Satu satunyya jalan adalah bangkit kembali dan jangan masuk dalam lubang yang sama.

6. BACA BUKU BIOGRAFI ORANG SUKSES, dengan memetik pelajaran orang sukses kita bisa bercermin mana saja yang harus kita perbaiki.

Jika telah mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan, attitude penting untuk membuat orang lain nyaman bekerja bersama Anda, sehingga Anda bisa bekerja dengan jangka waktu yang lebih lama. Semangat juang yang Anda tunjukkan saat wawancara, sebaiknya tetap dipertahankan. Dengan demikian, ketika mulai jenuh dengan pekerjaan, Anda bisa menantang diri sendiri untuk terus melakukan inovasi dan terus menjadi orang yang kreatif.

Mix reference : http://silfisulfiyah.blogspot.com and Me

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s